Pempek Bulat Adaan Enak Gila…

Agustus 28, 2008 pukul 10:52 am | Ditulis dalam Buku Resep Merah Sakti | 16 Komentar
Tag: , , , , ,

Tadi siang mama goreng pempek hasil bikinan hari MInggu. Hari MInggu??
IYa.. Biasanya kami bikin pempek2, tekwan, dsb tiap hari MInggu. Tar senin-sabtu tinggal olah, spt digoreng ato untuk tekwan dibikinin kuah yang fresh. Maklumlah, anggota keluarga pada sibuk, tapi smua doyan makan. ahaahh.. solusinya bikin makanan siap olah, simpen di freezer, siapa yang mau makan tinggal ambil.

Hari ini jatahnya makan pempek Adaan (pempek bulet-bulet kecil). Pas diliat kayak Adaan yang biasa dibuat. Tapi, pas digigit, hmmm… ENAK GILA!!!

Biasanya emang enak, TAPI GA SEENAK KALI INI..
Ada apa gerangan??
Perasaaan kemaren nimbang-nimbang tepungnya biasa.. Perbandingan sama ikan juga biasa..
Loh kok?!!

Jadi oc bertanyalah pada Mama tersayang.
Hohoho..
Ternyata rahasianya ada pada ikan. Ikan yang dipake kali ini adalah ikan parang-parang.

Kalo resepnya biasa.
INi dia….

Bahan:

500 gram ikan giling (terserah mau ikan apa.. Eksperimen ajaa..)
350 cc santan dari 1/2 butir kelapa
100 gram bawang iris
225 gram sagu tani
75 gram terigu
1 butir telur utuh+2 butir kuning telur

Cara:
– ulen adonan sampai licin
– Bulatkan adonan, lalu goreng dengan api panas sampe sekitar 5 menit
– Kecilkan api, goreng sesuai selera.

Tips:
kalo mau dimasukin freezer kayak oc, goreng setengah mateng aja. Tar pas mau makan, baru goreng sampe mateng.

Pempek Telok (Pempek isi Telur) dan Pempek Lenjer (Pempek batangan)

Agustus 16, 2008 pukul 10:18 am | Ditulis dalam Buku Resep Merah Sakti | 5 Komentar
Tag: , , , , ,

Bahan:
– 500 gram daging ikan (bisa tenggiri, bisa gabus.. tapi lebih sering pake gabus.)
– 25 gram garam
– 450 gram sagu cap Tani
– 450 ml air,, 300 ml untuk diaduk dengan ikan. sisanya diaduk ma garam.


Cara membuat:
1. Ikan dan air diaduk hingga tidak berbiji.
2. Masukkan air dan garam.
3. Aduk rata.
4. Masukkan sagu pelan-pelan.


Untuk Pempek isi telur..
– Bentuk kulit menyerupai kantong sehingga bisa diisi dengan telur.
– Didihkan aer secukupnya untuk merebus hasil pempek..
– Masukkan telur ke adonan yang sudah dibentuk. Tutup dengan memencet pinggirannya.
– Segera masukkan ke air mendidih.
– Tunggu sampai pempek mengambang.
– Angkat!


Kalo Pempek lenjer,, adonan cukup dibentuk menjadi batangan lalu direbus.. Jadi deh…
Untuk penyajian, biasanya kedua pempek di goreng terlebih dahulu. Disajikan hangat dengan cuko..
Lazis..

Macam-Resep pempek Palembang

Agustus 16, 2008 pukul 10:09 am | Ditulis dalam Buku Resep Merah Sakti | 6 Komentar
Tag:

Kali ini kita oc tulis tentang resep-resep pempek Palembang…

Hoohoho.. Sebagai orang yang tinggal di paelmbang,, ga mungkin dong ga bisa bikin pempek..

Sebenernya adonan pempek tu ada beberapa macem, tergantung jenis pempek. MIsalnya adonan pempek telok (pempek isi telur) n pempek lenjer (bentuk batangan), sama persis. Jadi klo bikin lenjer bareng ma bikin pempek telok..

Beda lagi dengan Adonan pempek keriting ato pempek adaan (pempek bulat).. Ada juga pempek kulit ato otak-otak yg adonannya lebih lembek.

Oia, skalian oc tulis tentang Cuko Pempek *bukan cuka ato kuah pempek, tapi CUKO.. CUKO.. kayak baca ‘cukong’ tanpa -ng…”

Jangan lupa dipraktekin ya…

Otak-otak

Agustus 16, 2008 pukul 10:03 am | Ditulis dalam Buku Resep Merah Sakti | 1 Komentar

Bahan otak-otak:

500 gram daging ikan gabus

350 ml santan dari ½ butir kelapa

100 gram sagu

1 sdt ketumbar

1 butir telur

25 gram bawang merah cincang

Garam dan gula secukupnya

 

Bahan saus otak-otak:

100 gram gula pasir

10 siung bawang putih

15 buah cabe merah

1 sendok makan ebi

100 ml air

Garam secukupnya

Jeruk kunci secukupnya

 

Cara membuat otak-otak:

  1. Bawang merah cincang digoreng sampai kecoklatan. Sisihkan.
  2. Campur daging ikan dengan santan.
  3. Tambahkan ketumbar, garam dan gula.
  4. Tambahkan telur.
  5. Masukkan sagu. Aduk rata.
  6. Masukkan bawang merah goreng. Campur sampai merata.
  7. Bungkus adonan dengan daun pisang. Kukus sampai matang.
  8. Panggang otak-otak yang sudah dikukus sesuai selera.
  9. Sajikan bersama saus.

 

Cara membuat saus otak-otak:

  1. Haluskan bawang putih, cabe, ebi dan garam. Sisihkan.
  2. Rebus gula dengan air 1 sendok makan sambil diaduk. Jangan sampai gula menjadi gosong.
  3. Campurkan bumbu halus ke dalam rebusan gula.
  4. Lalu masukkan semua sisa air sampai mendidih.
  5. Angkat. Sajikan sebagai pelengkap otak-otak.

Untuk 30 buah = 6 porsi

 

 

Sekedar informasi tambahan,, brubung ini jadi tugas salah satu mata kuliah,, yaitu ilmu gizi. Disuruh ngitung kandungan perporsi otak-otak. Skalian aja deh dimasukin kandungan gizinya..

 

 

Kandungan per porsi (otak-otak tanpa saus):

1. Kalori              : 227,57 kkal

2. Protein           : 28,407 gram

3. Lemak            : 10,159 gram

4. Karbohidrat    : 16,75 gram

5. Serat               : 0,64 gram

6. Retinol            : 553,263 μg

7. β karoten       : 0

8. Karoten total : 13,52 μg

9. Thiamin          : 0,0971 mg

10. Riboflavin     : 0.0494 mg

11. Vit C             : 1,5 mg

 

Sumber: K’Isya kursus masak di Anggrek..

 

 

 

 

 

 

 

 

Hai..hai..

Agustus 16, 2008 pukul 9:07 am | Ditulis dalam Buku Resep Merah Sakti | 1 Komentar

Cuma tempat untuk nyimpen catatan-catatan yang dianggap penting.. yaah sukur-sukur berguna bwat orang laen **sok pahlawan gitu**

Yang utama sebenernya catetan resep-resep mama..

Klo resep onlen bisa everlasting gitu,,diwariskan ke anak cucu,,heks.heks..

Paling ga sih,, klo ditanya punya blog apa enggak,,kan enak ngejawabnya.

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.