Kasus Dokumen Palsu Mahasiswa FK Undip

Oktober 11, 2008 pukul 3:45 am | Ditulis dalam Dunia Ini Panggung Sandiwara.. | 49 Komentar
Tag: , , , , ,

Tadi sore saya ada jatah nonton skitar stengah jam. Kebetulan saat itu saya buka channel Metro TV. Di berita berjalan ada info mengenai mahasiswa undip yang menggunakan dokumen palsu untuk masuk Fakultas Kedokteran.

Hiyaaaa,,hanya karena masuk FK??

Woow!

Pas saya search beritanya barusan, ternyata Ada banyak situs media cetak online yang membahas dan.. ada situs menkokesra.go.id. *what?? sudah masuk wacana di menkokesra.. Weleh=weleh.*

Lima orang mahasiswa yang mennggunakan dokumen palsu tsb, berhasilmasuk Fakultas Kedokteran Undip dan kuliah pada semester lima hingga sebelas. Ironisnya lagi, diduga sudah ada yang lulus dan menjadi dokter dengan menggunakan dokumen palsu. *Hati2, bahaya mengintai anda.* Mereka menggunakan dokumen palsu untuk transfer antar universitas.

Kasus ini terbongkar bermula dari pemeriksan dokumen mahasiswa oleh tim internal Undip sekitar Juli 2008. Terdapat beberapa kejanggalan yang ditemukan saat pemeriksaan, seperti pekerjaan orangtua mahasiswa adalah polisi berpangkat ajun inspektur polisi satu atau aiptu setara golongan III. Padahal, seharusnya setara golongan II. *Saya gag ngerti urusan pangkat2an begini.*

Selain itu Tim pemeriksa curiga dengan kop surat serta nomor induk mahasiswa (NIM) yang digunakan dan ketika ditelusuri, pihak Unair maupun Ditjen Dikti merasa tidak pernah menerbitkan transkrip nilai mahasiswa yang bersangkutan. Pihak Unair menyatakan NIM yang digunakan adalah nomer asli, tapi bukan atas nama yang sama. Saat dikonfirmasi, mahasiswa tersebut membantah. Wekekeke..

Oleh sebab itu, tim pemeriksa melanjutkan pemeriksaan terhadap seluruh berkas mahasiswa, terutama mahasiswa pindahan dari universitas lain. Nah,,ternyataaaa… Ada dokumen transfer palsu yang berasal dari Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran.

Skenario penangkapan juga mulus bangeet. Sekitar stengah jam sebelum kuliahan selese, mereka dipanggil ke ruang Pembantu Dekan III. Trus beliau memancing dengan obrolan santai seputar perkuliahan. Pas smua ngumpul, baru deh ditangkap.. *Dikira bakal diajak ngupi2 di starb#ck kali yaa.*

Kelima mahasiswa tersebut dinyatakan gugur sebagai mahasiswa Undip dan otomatiiisss mesti menjalani proses hukum bersama dengan pembuat dokumen palsu, yaitu AY warga Jombang…

Mereka telah mengeluarkan uang skitar 100-500 juta untuk bikin dokumen palsu ini, tapi emang rasa otak gak pernah bohong.. IPK anjlok. Di awal kuliah bahkan ada yang punya IPK 0,3. Uhuhuhu.. Kontras banget ma nilai transkrip palsu yang berisi nilai luar biasa dengan IPK 3 ato lebih.

Untung aja kasusnya cepet kebongkar n mereka batal jadi dokter. Kalo emang kejadian,,wah,,yang jadi korban PASTI (lagi-lagi) si pasien. Makanya para pasien yang terhormat,,pilih produk yang asli yaah!

49 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah… parah nih…
    kalo mereka jadi dokter bisa berabe…
    sejak awal aja ngak jujur apalagi setelah jadi dokter…

    Untung kebuka kasusnya skarang..

  2. aku juga mahasiswa fk undip niehh,,,

    wah ada juga masalah ini,,,padahal akir2 ni fk lagi bayak kena masalah,,,ditmbah masalah ini pula..

    uhahahhahah,,,fk top bgt!!

    yahhh sabar ya fk,,,kalo mau naik peringkat tuh emang gitu,,banyak halanganna…
    hehehhe

    wahh kalo dipikir2 kyakna tuh orang yang kena tuh kayakna angktanku deh,,tapi akupun ga tau itu sapa…
    emang nama aslina sapa toh?

    Wuaaa.. kedatangan mahasiswa undip..
    Kasi bocoran dong perkembangan kasusnyaa..
    Nama asli gak disebutin tuh ma sumber saya.

  3. dokter cap racun tikus neeee

    hehehe..

  4. wah, kalo udah jadi dokter trus gimana?? mau malpraktik?? kebiasaan ‘maen uang’ kayak gini sharusnya bisa disudahi aja kali yah, masa segala urusan harus diselesaikan dengan sogokan??

    tu dia poinnya: KEBIASAAN..

  5. Aku datang

    Dengan tangan telanjang

    Mengucap salam

    Dan jiwa pun berpelukan

    Selamat datang, teman..

  6. Wah parah banget ya? kalau ga mampu kenapa mesti memaksakan diri. Kan 100-150 juta bisa buat modal usaha. kasihan anget. thansk

    Skarang, duit ratusan juta amblas gitu ajaahh..

  7. Mangkanya kalodosen marah2 ok mahaiswanya goblok banget itu jangan dibilang sadissss. Dosenya disumpah2ain pula… Na ternyata terbukti kan kalo mahasiswa yang gobloknya minta ampun itu mahasiswa palsu…!!! Malsu nilai lagi, ketauan kok dosen yang lapor malah dimarahi….Mahasiswa juga harus tanggap donk kalau ada temennya yang mencurigakan…

    hahah..
    Tapi kadang emang dosennya yang sadisss..

  8. terus yang dikasih uang beratus2 juta itu gimana? tetep adem ayem, kah?

    Meneketehek.. hehe..

  9. Maka lahirlah mal prakter…

    Giyaa.. Tapi jangan digeneralisasi yah mas.. Klo orang malpraktek jangan langsung dianggap malsuin dokumen.

  10. yah ….. kapitalisme ….

    yaahhh.. tau sama tau ajah.

  11. Wew.. Sekarang segalanya bisa di beli… Hanya di Indonesia😛

    Hehehehe.. Uniquely Indonesia.

  12. gawat sekali itu, Bis bahaya untuk pasien2…ck..ck..ck…
    terima kasih udah mampir di blogQ
    salam kenal🙂

    Makasih juga dah mampir.
    Salam kenal..

  13. dulu2 pernah denger juga deh soal pemalsuan ijazah ini

    wah,,udah sering sih. cuma yang di fk baru ini kebuka skandalnya

  14. gawat nih kalo jadi dokter beneran.

    Untung ajah gak jadi.

  15. wuuihhh..
    bahaya banget..sampe sekarang masih belom nemu jawabannya??knapa sih orang berlomba2 jadi dokter dengan bayar segitu gedenya dan dengan otak(baca:kemampuan) pas2an banget.
    hmm…ga takut apa ya??tanggung jawab selanjutnya..
    apalagi klo pasien yang kena hasilnya..
    apalagi klo ternyata pasiennya miskin pula..
    ckckck..

    Yang gak bersalah selalu jadi korban.

  16. nice post
    salam kenal dari sulsel
    manipi.wordpress.com

    Tenkyuuh.
    Salam kenal jugaa..
    Mampir-mampir lagi yaah.

  17. sebegitu menariknyakah profesi dokter ituh?

    Mungkin,, bagi sebagian orang..

  18. salam kenal buat neng ocha…:)
    wuihhh….
    ya mungkin inilah potret kita sekarang yaa…ingin sesuatu yang wah, tapi pake cara2 instant dan rendahan….
    kasihan khan para pendiri negeri ini dulu…mharapan mereka dulu tentu ndak seperti ini jadinya…
    masalah pemalsuan dokumen, terutama yang menimbulkan kerugian untuk orang lain, sudah semestinya ditindak tegas agar menimbulkan efek jera…
    Di Medan kemarin, ada beberapa PNS yang udah 2 tahun bekerja, baru ketahuan kalo hasil tesnya bodong karena terbukti gak pernah ikut tes…
    Juga adanya hasil keputusan pengadilan yang ternyata dipalsukan….wah…wah….

    Salam kenal juga.
    Hidup kepalsuan!!!!

  19. ealaaah… kok ono-ono wae…
    pancen golek ijazah kuwi angel, tapi ya mbok usaha kuliah yang bener, jangan kayak saya… wekekeke…

    “jangan kayak saya..”
    emang mas ndop kenapa toh??

  20. palsu o plis…

    saya jadi inget cinta laura..

  21. ini yang namanya krisis. dunia pendidikan tempat yang idealis. jangan dirusak sama yang merusak dan narsis.
    saya aja kejebak bikin artikel dari ide populis. sekedar untuk belajar nulis. sekarang sudah terlanjur di pablis. jadi tolong dikunjungin dan kasih komentar plis…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/10/16/this-is-the-american-crisis-untuk-indonesia-menangis/

    Oke dehh…

  22. Bener deh
    Untung keungkap ya

    Iyaah.. ini namanya hebat,,bisa ngungkap underground action kayak gini.

  23. mau ngomong apa ya, lha wong aku ini hidup tanpa ijazah. gak ada niat ngelamar kerja wong pasti gak bakalan diterima. kaya`nya jadi dokter gadungan bagus juga ya….
    apalagi kebayang, singkong di kebun belakang bakalan jadi bahan obat tuh, lumayan naik pangkat…
    asal pede aja, pasien juga bakalan percaya, trus karena tersugesti ama ke-pede-an kita bakalan sembuh juga. percaya deh…

    Weleh-weleh..
    Bener juga sih.

  24. waduh, kok mencoren wajah pendidikan kita. Dan yang gak ikut2 bisa kena juga lo dampaknya

    Biasanya sih begitu. yang gak ngapangapain justru kena dampak yang gede..

  25. wah untungnya ketangkep, klo ngga bkal tambah banyak lg nih kasus malpraktek

    He’eh.. itung-itung pencegahan kasus malpraktek lah.

  26. Wah kalau begini kapan bisa majunya ya…?! jangan suka ambil jalan pintas, hasilnya juga nggak bakalan “Nikmat”.

    Stuju bangeet. Jalan yang gak pintas aja belom tentu nikmat, apalagi pake jalan pintas.

  27. Hebat tapi bejat, siapa otaknya ini sehingga institusi UNDIP kecolongan. Saya yakin Orang tua dari para pelaku juga terlibat/mengetahui ini melihat besaran uang yang harus dikeluarkan. Emang duit dari mana 100 jt s.d 500 juta, Mental dan Moral yang sudah semakin hancur … dan nilai2 kejujuran yang semakin hilang.
    Salam kenal ya Mbak,

    Biasanya yang kayak gini melibatkan banyak orang, termasuk kalangan birokrat setempat. Jadi jaringannnya bener2 rapih.

    Salam kenal jugaa..

  28. Kalau pakai logika sederhana saja, hal ini bisa menurunkan pangsa pasar dokter Undip pada khususnya.

    Dan dokter2 lain pada umumnya.

    Bisa jadi, masyarakat tak lagi percaya sama dokter dan bisa kembali ke praktik perdukunan.

    Wah…, seremnya jadi dunia akhirat nih.

    oohh.. gak kuat bayanginnya.

  29. mau jadi apa km ini nak…..?
    hidup ko dibikin mudah dengan uang,,,,
    mending uang 500 juta buat masuk sorga ato….beli mobil aja??????
    ato buat nyogok malaikat buat masuk sorga,,,,untung kan????he he he

  30. Hari gini mau bikin palsu-palsuan.
    Ya jelas akan ketahuan.
    Teknologinya kan makin maju.

    Yah, bangkai walo disipan,,tetep ketauan juga.

  31. kepalsuan bisa bikin
    kebenaran tersingkirrr
    karenanya semua yg serba palsu
    harus diperangi….!!!

    Serbuuuuuuuuuu…………….

  32. jangan suka yang palsu-palsu
    mending cari yang asli dan halal ya nggak he..he…

    Saya stuju…

  33. Wah parah kalau sampe mereka sampe jadi Dokter abal-abal.

    dokter abal-abal tu apa yah??

  34. mungkin di sinilah tantangan dunia kedokteran…. semoga masyarakat kita bisa selamattt

    Mungkin saja. Mudah-mudahan bisa diatasi dengan baik dan gak terulang lagi.

  35. masyaallah.. mau jadi apa sih pemuda indonesia? masih ada aja yang kayak gitu? ck!

    wahai pemuda indonesiaaaaaa…. Jawab!!!

  36. Weleh-weleh!! Ada-ada saja ulah anak zaman sekarang.
    Ya begitu deh, pembenahan citra medis lagi-lagi harus dinodai dengan kejadian seperti ini… Miris…

    oh ya, terima kasih ya untuk kunjungannya di blogku =D

    Kalo gitu bertambah lagi tugas orang2 medis, yaitu memperbaiki citra yang udah ternoda.
    Iyaah,,sama2 makasihnya krn udah kunjungin blog saya.


  37. hum… ada-ada aja….tapi memang kasihan dengan pasiennya… pasien saya juga🙂 dapet koas seperti saya yang modal perhatian doang🙂 hehehe
    oiya thanks y sdh mampir ke empi saya…
    salam kenal juga

    hehe.. dpp. yg penting punya modal, walo cuma modal pratian.

  38. wahahaha…demi masuk FK…????
    mending masuk jurusan laen deh…

    Iya,,demi KeDOKTERan.. segitu gedenya daya tarik keDOKTERan, sampe rela ngelakuin yang kek gitu.

  39. blognya koq ndak pernah OL non😀

    Wes oL niyy..

  40. Kenapa harus konsumen sich yang dirugikan selalu,,,,,mau berobat malah mokat…..aduch2 dikemanakan otak kalian semua para pemalsu dokumen…..mau nyembuhin orang apa bunuh orang sich…….

    mbak gak pernah kelihatan lagi ditempatku

    salam aja lah dari http://gubugsurya.wordpress.com

    Cukup jadikan pelajaran buat kita.

    Saya belum sempat main kesana. Sabar yaahh..
    Thanks atas kunjungannya.

  41. wah, kok busa? Eh, kok Bisa maksudnya?

    *introspeksi diri nih*

    Bisa-bisa ajaaah… Biasolaa,,men ado kendak, asak klepe tebel, mudala itu.

  42. […] 2008 at 11:01 pm | In Hari-hari Heppi-heppi | Tags: crita Baca komen dari mas aRuL dan mas Surya di tulisan saya sebelumnya bikin saya sadar.. Saya udah gak apdet blog sekitar 4 minggu. Lama juga yah. Tapi untuk […]

  43. hmm… sebenarnya sih banyak penyedia kayak gitu, coba aja sering aktif di mIRC, banyak tuh tawaran bahkan untuk ijazah aspal juga ada dan ndak tanggung2, mereka berani nyiapin untuk univ ternama sekalipun.

    Saya udah gak pernah onLen di mIRC lagiih.
    Boleh juga yah penawarannya udah lewat messenger. Bentar lagi mungkin mereka buat blog khusus katalog ijazahnya.

  44. hmmm sebagian orang emang lebih suka ga dikenali aslinya alias pake topeng orang lain. jadi identitas orang lain dan transkrip orang lain yang dipake. ambil kaca dulu ah, mau lihat apa saya juga tipe orang begituan….🙂

    Udah ngaca??
    Kira2 gimana hasilnya, bu??

  45. Haii…

    Yach begitulah potret generasi muda sekarang ini.. Nga semuanya sech tp sebagian hehe..

    Aq bilang klo generasi muda kita adalah generasi ” copy paste ”

    Temen2 generasi muda..Semangat!! Bangun bangsa ini dengan semangat!!

    Salam kenal yach🙂

    Halloo-Haloo..
    Iyah, sebagian mungkin layak disebut “copycat, alias tukang copy paste”, tapi sebagian lain justru sebaliknya. Mereka memiliki ide-ide yang orisinal lalu dituangkan dalam tulisan yang orisinal jugahh..
    Jadi belum layak rasanya digeneralisasi sebagai generasi copy paste.

    Salam kenal juga.. Makasi udah maen kesini.

  46. wehehehe…mungkin dahlama kasusnya hehehe…dlu yg malsu tuh yg dari madura kos di tempat aq hehehe…ga tahu aq padahal pake kilbab hehehe…salam kenal

  47. di hari guru 25 nove lalu di sekolah tempat ibu mengajar, ibu kepilih jadi yang tertegas. kayaknya kaca menampilkan figure ibu dengan pas (udah nemu loh kacanya meski keciiil banget🙂

  48. ya mau ngomong apa ya ? komentarnya gmn ? yang pinter komen dan yang bodoh banyakan yang pinter hahaha………………akupilih yang bodoh ajahhhh.

  49. klo ada bagi donk chanelx gua minat ne ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: