Debat Cawapres Amrik

Oktober 4, 2008 pukul 11:58 am | Ditulis dalam Dunia Ini Panggung Sandiwara.. | 2 Komentar
Tag: , , , , , ,

Hari Jumat (03/10) Metro TV menyiarkan LIVE EVENT VICE PRESIDENTIAL DEBATE alias debat calon presiden Amrik.

Debat antara Sarah Palin dan Joe Biden berlangsung 90 menit dengan hasil yang klo saya pribadi berpendapat, Biden was still the clear winner.

Biden tampil dengan segala pengetahuannya sebagai anggota Senat AS selama 35 tahun. Dia memaparkan jawaban yang detail mengenai kebijakan Obama dan menunjukkan keahliannya di bidang ekonomi, kebijakan luar negeri, dan keamanan nasional. Sarah Palin, sebagai pendatang baru di politik nasional Amrik, saat di awal kemunculannya memberi kesan positif. Pidatonya mendapat banyak pujian. BEliau tampil sebagai ibu rumah tangga yang berhasil dalam karirnya. Namun, setelah berkali-kali wawancara di tivi, popularitas Palin makin merosot. Beliau terlihat kurang menguasai masalah negri itu. BAik dalam atopun luar negri.

Dalam debat tsb, Palin banyak terlihat santai dengan penggunaan bahasa sehari-hari yang mudah dicerna masyarakat. Selain itu, Palin masih sempat melempar joke dengan menitu ucapan JImmy Stewart dalam filmnya Mr Smith goes to Washington.

Palin sering berbicara tentang tugas sebagai wapres gak mudah, apalagi jika mesti berbagi peran sebagai ibu rumah tangga. Beliau bilang kalo pengalaman sebagai ibu 5 anak, walikota, dan gubernur membuat dia bisa merasakan keresahan warga. Selain itu beliau membicarakan inkonsistensi om Joe Biden tentang dukungannya dahulu  terhadap perang irak, tapi sekarang udah gak dukung lagi. Namun, pernyataan ini dibantah joe biden.

Dalam soal ekonomi, Palin mengkritik Obama yang akan menerapkan kebijakan pajak tinggi yang menghambat pertumbuhan. Biden menyanggah dengan mengatakan bahwa delapan tahun kebijakan Republiklah yang harus disalahkan atas terpuruknya perekonomian AS.

Sebenarnya kedua cawapres tidak membuat kesalahan fatal apapun yang akan mencoreng citra mereka sebagai wapres. Tapi,,dari jawaban-jawaban yang dilontarkan, Joe Biden benar-benar terlihat lebih menguasai masalah. Palin sering kali menghindar untuk menjawab pertanyaan tentang isu yang tidak diakrabinya. Seperti saat ditanya soal krisis surat utang perumahan di AS (subprime mortgage), dia memilih berbicara soal energi yang jadi topik andalannya.

Palin dua kali salah menyebut nama komandan AS di Afganistan dengan sebutan Jenderal McClellan, padahal nama yang benar adalah Jenderal David McKiernan. Dia juga terpeleset soal krisis finansial dengan mengatakan, ”Memang kekacauan yang mengerikan di Main Street yang memengaruhi Wall Street.”

CNN melakukan polling nasional dan mengumumkan bahwa berdasarkan hasil polling tersebut, 51% suara diperoleh Biden, sementara Palin hanya 36% suara. Sedangkan CBS polling menunjukkan Biden memperoleh 46% suara dan 21% suara untuk palin.

Wall Street Journal menyebut Palin layak di panggung nasional. The New York Times menyebutkan, debat itu tidak mengubah esensi pencalonan Palin, yaitu bahwa McCain membuat pilihan tidak bertanggung jawab dengan memilih Palin sebagai pasangannya.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah ocha ternyata pemerhati politik juga.. hebat2..
    kalo sy sebagai warga amrik, cari yg benar2 mantap, sesuai omongan dan tindakan🙂

  2. Ya, karena Biden adalah anggota senat yang cukup lama, jadi pantaslah kalo dia menguasai segala beluk hasil konstitusi ketimbang Palin. Namun warga Amerika sendiri kelihatannya masih terjebak dengan pemikiran “analisis” ketimbang “intuisinya/feeling”, yang terlihat jelas dengan hasil polling oleh CNN. Kayaknya mereka belum jera atas krisis ekonomi yangara mereka.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: